Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Artikel
  • Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Melihat Dan Mendengar Secara Mendalam

Cari

Tampilkan Artikel

Melihat Dan Mendengar Secara Mendalam

U.P. Khattiyananda Kresno Budoyo

Jum'at, 22 Juli 2022

MBI, Sagin, Sekber Yabuddhi, Wulan Bahagia, WBI, SIDDHI, Pemuda Buddhayana

Dalam setiap keterlibatan diri kita dalam suatu pembicaraan, apa yang terlintas di pikiran kita? Apakah “Saya tidak suka dengan orang ini, bagaimana caranya supaya cepat berakhir ?”, ”Saya tidak tahu topik yang dibicarakan!”, ”Saya tidak mau tahu urusan kamu, saya sedang sibuk”, atau ”Oh, dia salah ngerti..”, ”Oh saya sudah tahu apa yang dia mau bicarakan”


Pada saat pikiran seperti itu muncul, kita malah tidak akan mengerti hal yang sedang dibicarakan. Demikian juga pada saat kita sedang melihat, terutama berita ataupun infotainment. Kita bisa langsung bilang, ”Oh yang salah itu si A, si B yang tertindas yang benar.”

Kenapa bisa seperti itu? Persepsi !

Ya tepat sekali, akan timbul argumen dalam diri kita ketika terjadi pembicaraan lebih dari satu orang ataupun bila melihat suatu kejadian. Argumen yang disebabkan oleh persepsi atau penilaian inilah yang terkadang membuat seseorang secara singkat mengambil kesimpulan. Terkadang benar terkadang salah, tetapi lebih banyak salahnya karena tergesa-gesa.

Ada cerita, seorang pria yang mengendarai mobil sport di daerah pedesaan dengan kecepatan cukup tinggi berpapasan dengan sebuah mobil setempat, dan pengemudinya langsung berteriak : Kambing! Pria dengan mobil sport langsung spontan berteriak : BABI!

Ternyata tidak jauh dari tempat mereka bertemu, ada segerombolan kambing yang sedang digembalakan, otomatis karena dengan mobil sport berkecepatan cukup tinggi, pria tersebut tidak bisa menghindar. Dan terjadilah kecelakaan. 

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS