Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Artikel
  • Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ehipassiko Leadership – Sebuah Praktek Sederhana Dalam Keseharian

Cari

Tampilkan Artikel

Artikel Populer

Jum'at, 26 Agustus 2022

Ojo Dibandingke

Jum'at, 08 Juli 2022

Nasihat Nagarjuna Kepada Raja

Ehipassiko Leadership – Sebuah Praktek Sederhana Dalam Keseharian

UP. Vijjadhara Adi Putera Widjaja

Jum'at, 15 Juli 2022

MBI

Pernahkan Anda menanyakan ulang terhadap sebuah instruksi yang diberikan kepada Anda? Atau Anda dengan keyakinan penuh langsung melaksanakan perintah tersebut?


Cobalah mulai sekarang Anda melakukan penelitian sederhana terhadap orang-orang yang Anda beri instruksi. Berapa persen yang keliru melaksanakan instruksi Anda tetapi tidak menanyakan apa persisnya maksud Anda di awal? Lalu apakah ketika mereka keliru dalam pelaksanaan, kemudian Anda emosi dan memaki-maki mereka.

Dalam konteks sebuah organisasi. Tanpa bermaksud membela siapa pun. Siapa yang paling bertanggung jawab bila terjadi kesalahan dalam pelaksanaan sebuah perintah? Di manakah letak kekeliruannya?

Apa itu Ehipassiko?

Kata ehipassiko berasal dari kata ehipassika yang terdiri dari 3 suku kata yaitu ehi, passa dan ika. Secara harafiah ”ehipassika” berarti datang dan lihat. Ehipassikadhamma merupakan sebuah undangan kepada siapa saja untuk datang, melihat serta membuktikan sendiri kebenaran yang ada dalam Dhamma.

Sebagai pengikut Guru Buddha, kita  diajarkan untuk menerapkan sikap ehipassiko di dalam menerima ajaranNya. Guru Buddha mengajarkan untuk ”datang dan buktikan” ajaranNya, bukan sekedar percaya semata. Ajaran mengenai ehipassiko ini adalah salah satu ajaran yang penting dan pembeda dari ajaran Guru Buddha dengan jenis pengajaran lainnya.

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS