Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Artikel
  • Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • MENGHARGAI ORANG LAIN (Pelajaran dari Ratu Elizabeth II)

Cari

Tampilkan Artikel

Artikel Populer

Jum'at, 26 Agustus 2022

Ojo Dibandingke

MENGHARGAI ORANG LAIN (Pelajaran dari Ratu Elizabeth II)

U.P. Henry Gunawan Chandra, SE

Jum'at, 16 September 2022

MBI

Minggu lalu, 8 September 2022, dunia berkabung dengan wafatnya Ratu Elizabert II, yang meninggal di usia 96 tahun.  Beliau mungkin adalah ratu yang paling terkenal di abad ini, karena bertahta selama 70 tahun, sejak 1952, diusia yang masih relatif sangat muda di masa itu, 26 tahun, bahkan untuk ukuran jaman sekarang sekalipun.


Terlepas dari kebenaran cerita di atas, tapi esensinya yang jauh lebih penting untuk kita pelajari.  Bagaimana kita menghargai orang lain, sama seperti kita. Seperti halnya kita juga sama ingin dihargai oleh orang lain.  Tidak ingin disepelehkan atau dipandang rendah oleh orang lain.  Bukankah pada dasarnya memang kita semua adalah sama, tidak berbeda satu dengan yang lain?  Perasaan lebih superior dari pihak lain atau sebaliknya, muncul disaat kita mulai membeda-bedakan, membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain (baca artikel : Ojo Dibandingke, 26 Agustus 2022).



Penting bagi kita untuk senantiasa menjaga pikiran kita untuk selalu menghargai siapapun, sekecil apapun kontribusinya dalam kehidupan kita. Banyak sekali pihak-pihak yang berjasa dalam kehidupan kita ini, dari kita bayi hingga sekarang, dari saat kita bangun di pagi hari hingga kita tidur di malam hari.  Ada banyak sekali pihak yang terlibat, dari semua yang kita nikmati dan gunakan di satu hari kehidupan kita ini.  Mulai dari kasur, bantal, guling, mungkin juga selimut yang kita pakai waktu tidur. Sarapan yang kita nikmati di pagi hari.  Kendaraan yang kita gunakan untuk pergi ke kantor atau ke sekolah. 



Gedung tempat kita kerja atau belajar.  Dan lain sebagainya, semua ada karena ada upaya dan kerja pihak lain, orang lain, yang kesemuanya itu tidak mungkin bisa kita dapatkan atau kita nikmati, kalau kita harus melakukannya sendirian. Ini yang kita kenal dengan istilah kesalingtergantungan, interconnection, interdependent, interbeing.  Tidak ada satupun bagian hidup kita yang tidak tergantung dari orang lain atau pihak lain.  Bahkan udara yang kita hirup sekalipun tergantung dari kondisi alam di mana kita tinggal, bukan buatan kita sendiri.



Untuk itu lah kenapa para guru spiritual selalu mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menghargai orang lain, berterimakasih atas kebajikan orang lain, dan tidak lupa membalas kebajikan mereka kepada kita, sekecil apapun itu. Lama Zopa Rinpoche, pernah berkata: “Cara terbaik untuk menjaga dirimu adalah dengan menjaga pikiranmu.  Cara terbaik untuk menghargai dirimu adalah dengan menghargai orang lain.”

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS