Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Peringatan Hari Raya Waisak Candi Sewu 2023

Cari

Tampilkan Berita

Candi Sewu, Klaten, Jawa Tengah.

Peringatan Hari Raya Waisak Candi Sewu 2023

MBI

Jum'at, 09 Juni 2023

Pemuda Buddhayana, SIDDHI, WBI, Wulan Bahagia, Sekber Yabuddhi, MBI, Sagin

Rangkaian pelaksanaan peringatan Hari Raya Waisak di Candi Sewu berlangsung khusuk dan hikmat. Agenda acara berlangsung selama 2 hari,  mulai 3 - 4 Juni 2023.


Semesta sangat mendukung, cuaca bagus. Berbagai komunitas serta organisasi Buddhis penuh antusias untuk  merasakan pengalaman keagungan Buddhadharma dalam Waisak. Pada puncaknya  Minggu 4 Juni 2023 dihadiri sekitar 3000 umat Buddha dari Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) wilayah Jawa Tengah,  Daerah Istimewa Yogyakarta, dan wilayah lain sekitarnya.

Acara puncak adalah Puja Bhakti Waisak dan meditasi untuk menyambut detik-detik Waisak tepat pukul 10.14.19 WIB. Yang diawali dengan rituap prosesi sarana puja dari Candi Lumbung ke Candi Sewu mulai pagi pukul 08.00 - 09.30 WIB.






















Sehari sebelumnya Sabtu 3 Juni 2023 pukul 14.00 WIB diagendakan untuk generasi muda, yaitu  temu pemuda Sekber PMVBI Jateng - DIY, dilanjutkan  prosesi kedatangan air suci dari 7 sumber mata air, pengambilan api abadi Mrapen Grobogan Jateng.

Kemudian pada malam harinya diselenggarakan Dialog dan Malam Keakraban muda-mudi lintas iman dari Provinsi Jateng dan DIY digelar di pelataran Candi Sewu dan juga bisa diikuti semua pemuda-pemudi lintas iman seluruh Indonesia melalui  zoom meeting dan Youtube. Tujuannya adalah menggunakan momentum Waisak di tahun politik untuk memperkuat keharmonisan negara Republik Indonesia, merangkul semua masyarakat dalam tema besar "Harmonis Masyarakatnya Damai Negaranya" ini bukan sekedar slogan, namun selalu diupayakan untuk menjadi etik hidup semua mahkluk.


Ucapan syukur dan terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang membuat acara Waisak Candi Sewu tak terlupakan. Bersatu kita teguh, bercerai kita jatuh. Semoga api semangat Waisak senantiasa hidup dalam batin semua mahkluk.

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS