Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Artikel

Cari

Tampilkan Artikel

Artikel Populer

Jum'at, 08 Juli 2022

Nasihat Nagarjuna Kepada Raja

Drakor vs Sepakbola

Oleh U.P. Karma Dechen Wetik Suryadi

Jum'at, 30 Desember 2022

Sagin

Ada seorang teman yang berkata, "Hidup ini bukanlah drakor.  Jangan kebanyakan nonton drakor lu, ntar jadi gak realistis, nanti imajinasi akan drakor otomatis masuk ke alam bawah sadar.”   Sekilas pernyataan ini ada benarnya.  Memang hidup bukanlah drama korea, yang penuh dengan romantisme, dengan aktor dan aktrisnya yang cantik dan ganteng.  Tapi cerita dalam drakor juga tidak semuanya indah semata, banyak sedihnya juga, jadi ada suka dan dukanya.  Dan tentu banyak pesan moral yang  juga bisa diambil  hikmahnya.  Jadi kurang tepat rasanya bila menyatakan bahwa yang menonton drakor menjadi tidak realistis, kebanyakan berimajinasi. 


Apa bedanya para istri menonton drakor, dengan para suami yang menonton pertandingan Bola (sepakbola), bahkan sampai memasang profile picture pemain bola tersebut di wallpaper laptop atau handphone misalnya.  Membeli merchandise klub bola tersebut, bahkan setiap hari mencari tahu tentang kabar pemain bola yang diidolakan.  Bahkan terkadang istri dan anak sendiri sering lupa ditanya kabarnya.  Seperti pertandingan sepakbola di Piala Dunia yang belum lama ini berlangsung, dengan segala hingar bingarnya.  Selesai dengan segala hiruk pikuk piala dunia, lanjut lagi dengan hingar bingar pertandingan piala-piala liga yang berseliweran melalui berbagai jaringan medsos yang mudah di akses.

 

Hidup ini memang tidak seindah drakor ataupun semenarik pertandingan bola, lalu kalau kita tidak menonton drakor dan pertandingan sepakbola apakah hidup akan jadi jauh lebih indah? Apakah salah nonton drakor dan pertandingan bola?  Toh kita tidak menghabiskan semua waktu kita untuk itu? Hidup bukanlah hanya melulu urusan benar atau salah, bukan pula semata-mata hitam atau putih. Jalan tengah, itu sudah paling benar.

 

Kembali ke urusan  drakor, kalau misalnya para istri mendambakan suaminya merayakan ulang tahun, mengirimkan bunga dan hadiah, seperti cerita dalam drakor, rasanya sah-sah saja. Apalagi itu bisa membuat para istri tercinta kita sendiri merasakan kebahagiaan.  Why not ?  Karena bukankah di setiap doa, kita selalu mendoakan agar semua makhluk berbahagia. Buddha berpendapat bahwa kedamaian dan keharmonisan dari sebuah rumah lebih banyak tergantung kepada istri.*)

 

Sama halnya, dengan para suami yang menonton pertandingan bola melalui gawainya atau Laptopnya.  Kita juga bisa melihatnya dalam cara yang berbeda.  Setidaknya mereka ada di rumah, bersama kita.  Tidak pergi keluyuran ke tempat-tempat lain untuk mencari hiburan, yang sangat mungkin pulang larut malam, seperti yang diingatkan Buddha di dalam Sigalovada Sutta.

 

Persoalan menjadi lain ketika para istri menonton drakor dan para suami yang menonton pertandingan sepakbola, kemudian menjadi lupa segalanya. Ini yang bahaya, karena kita tidak boleh terlena oleh kesenangan indra. Kemelekatan yang timbul akan menyebabkan banyak penderitaan seperti kecemasan, kekecewaan dan frustasi.  Lupa bahwa harus kembali menginjak kenyataan, bahwa hidup ini juga penuh dengan drama kehidupannya sendiri serta pertandingan atau pertarungan yang setiap saat harus dilewati, karena hidup adalah dukkha.  Seperti apa yang tertulis dalam Dhammapada 182, bahwa kehidupan kita sebagai manusia memang adalah tidak mudah.

 

Terlepas bahwa memang hidup ini sendiri adalah penuh drama, itu menjadi tanggung jawab kita untuk dapat menjalaninya, karena pilihan ada di tangan kita. Apakah kita akan terus bertekad untuk melatih diri, dengan menjalankan moralitas dan hidup yang benar. Kitalah yang memilih, peran apa yang akan kita mainkan.  Terlebih sebagai orangtua, adalah kewajiban kita mewariskan nilai-nilai yang baik, sebagai contoh dan teladan bagi anak cucu kita kelak.  

 

Jadi, mau nonton drakor atau mau nonton bola ?

 

*) Perkawinan yang bahagia, DR. K. Sri Dhammnanda, Penerbit Dian Dharma

Share:

Komentar (1)

Amin Untario

Sabtu, 31 Desember 2022 08:25

artikel yang mengingatkan kita semua …

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS