Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Ribuan Umat Buddha Beri Penghormatan Terakhir kepada Y.M. Jinadhammo Mahāthera

Cari

Tampilkan Berita

Prasadha Jinadhammo ( PJM) Komplek MMTC - Medan

Ribuan Umat Buddha Beri Penghormatan Terakhir kepada Y.M. Jinadhammo Mahāthera

KBI

Selasa, 07 Februari 2023

Pemuda Buddhayana, SIDDHI, WBI, Wulan Bahagia, Sekber Yabuddhi, MBI, Sagin

Awan mendung mengantar kepergian Y.M. Jinadhammo Mahāthera. Semesta mendukung kehadiran sekitar delapan ribu umat agar terhindar dari teriknya matahari sepanjang enam jam prosesi untuk melepas dan memberikan penghormatan terakhir pada hari Sabtu siang (04/02/2023) di area Prasadha Jinadhammo (PJM) Komplek MMTC, Jalan Willem Iskandar, Medan Estate, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.


Keluarga Buddhayana Indonesia bersama ribuan Umat Buddha yang datang dari berbagai wilayah Provinsi Sumatera Utara dan berbagai daerah di Indonesia sudah hadir sejak pagi untuk melepas dan memberi penghormatan terakhir serta mengikuti prosesi kremasi sosok sesepuh panutan, penjaga Buddha Dhamma di Nusantara, Y.M. Jinadhammo Mahāthera yang merupakan bhikkhu yang paling senior melewati 53 vassa di Indonesia.


Lebih dari tiga ratus meter karpet merah membentang dengan taburan bunga di atasnya mengarak kepergian Y.M. Jinadhammo Mahāthera yang lahir pada 3 September 1944, Umat Buddha tampak tertib melakukan Namaskara (sujud) di sepanjang jalan karpet merah bertabur bunga sepanjang prosesi yang  dilalui rombongan para anggota Sangha dan Upasaka Pandita yang membawa peti “Sarira” mendiang. Mobil hitam gagah bernomor BK 53 PJM ( simbol 53 vassa ) berjalan khidmat bersama rombongan melewati barisan umat di sisi kanan kiri jalan yang bersujud melimpahkan jasa dan penghormatan.


Saat pelepasan dari Vihara Borobudur, Ketua Umum Sangha Agung Indonesia, Y.M. Khemacaro Mahathera mengungkapkan Y.M. Jinadhammo Mahāthera berkeinginan Umat Buddha bersatu dan solid. Setiap berbicara dengan Eyang, beliau selalu bersemangat soal Kerajaan Srwijaya, selalu demikian. 

Pada kesempatan yang sama, Y.M. Aryamaitri Mahasthavira mengungkapkan Bhante Jinadhammo semasa hidupnya adalah sosok yang sederhana dan berwawasan non sektarian, tidak membeda-bedakan tradisi, dan dekat dengan semua orang. Bhante Jinadhammo juga merupakan generasi ke 74 dari Silsilah Kong Hoa Sie.

Share:

Komentar (2)

Mariani Lianus

Kamis, 09 Februari 2023 15:47

Tandhyata Aum Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.

TONI

Kamis, 09 Februari 2023 13:38

Semoga terlahir di alam bahagia, dan segera merealisasi nibbana, sadhu.. sadhu.. sadhu.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS