Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Ribuan Umat Buddha Beri Penghormatan Terakhir kepada Y.M. Jinadhammo Mahāthera

Cari

Tampilkan Berita

Prasadha Jinadhammo ( PJM) Komplek MMTC - Medan

Ribuan Umat Buddha Beri Penghormatan Terakhir kepada Y.M. Jinadhammo Mahāthera

KBI

Selasa, 07 Februari 2023

Pemuda Buddhayana, SIDDHI, WBI, Wulan Bahagia, Sekber Yabuddhi, MBI, Sagin

Sementara itu, Y.M. Thanavaro Mahathera mengatakan, meski Y.M. Jinadhammo Mahāthera atau Eyang telah pergi untuk selamanya namun warisan dan ajaran beliau merupakan contoh nyata yang telah ditunjukan kepada Umat Buddha. Untuk itu tidak perlu tenggelam dalam dukacita, karena pesan, nasehat dan ajaran beliau yang sarat akan makna bakal senantiasa menyertai langkah dalam mengarungi samsara ini.


“Sungguh Bhante Jinadhammo Mahathera adalah pewaris Buddha dalam Dhamma, bukan pewaris dalam benda-benda materi. Hal ini tercermin dalam setiap ucapan dan tindakan beliau, seorang siswa sejati Sang Buddha, sang pewaris Dhamma dan sang pelestari vinaya. Selamat jalan Eyang, semoga Eyang pada akhirnya mampu merealisasi pencapaian nibhana, ”ucap Y.M. Thanavaro Mahathera saat menyampaikan riwayat hidup Eyang di acara kremasi.

Acara kremasi dimulai dengan pemujaan dan doa dari 3 tradisi yaitu paritta Theravada, Sutra Mahayana dan doa dan mantra Vajrayana oleh para Biksu Biksuni anggota Sangha Agung Indonesia yang merupakan organisasi Sangha Tertua di Indonesia yang menyatukan tiga aliran tersebut. Dilanjutkan dengan persembahan dupa dan cendana dari Sangha diikuti oleh para Umat Buddha. Kemudian  dilakukan penyalaan suluh oleh Sangha sebagai tanda dimulainya prosesi kremasi di tempat dimana akan dibangun Candi yang akan didedikasikan kepada mendiang.


Pada kesempatan yang sama. Ketua Umum Pimpinan Pusat Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) U.P. Bodhinanda Amin Untario S.T.,  didampingi Ketua PD MBI Sumut U.P. Uttamaputra Eddy Sujono Setiawan S.T., M.M. memberi apresiasi atas partisipasi yang luar biasa dari Umat Buddha.


“Hari ini Umat Buddha di Sumatera Utara dan juga daerah lainnya menunjukkan Bakti yg luar biasa kepada Eyang Jinadhammo/Sangha yang datang berduyun-duyun ke tempat kremasi. Semoga hal ini memberikan semangat kepada kita semua untuk meneruskan cita-cita Eyang dalam melayani umat Buddha dan memajukan agama Buddha di Indonesia Sadhu Sadhu Sadhu,  imbau  U.P. Bodhinanda Amin Untario S.T., Ketua Umum PP MBI.

Share:

Komentar (2)

Mariani Lianus

Kamis, 09 Februari 2023 15:47

Tandhyata Aum Gate Gate Paragate Parasamgate Bodhi Svaha.

TONI

Kamis, 09 Februari 2023 13:38

Semoga terlahir di alam bahagia, dan segera merealisasi nibbana, sadhu.. sadhu.. sadhu.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS