Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • UMAT BUDDHA JAWA BARAT MEMPERINGATI HARI ASADHA 2567TB/2023

Cari

Tampilkan Berita

Vihara Sakyawanaram Pacet, Cianjur.

UMAT BUDDHA JAWA BARAT MEMPERINGATI HARI ASADHA 2567TB/2023

MBI

Minggu, 13 Agustus 2023

MBI

Pada hari Minggu 6 Agustus 2023 Puja Bhakti Peringatan Asadha 2567 TB/ 2023  diawali oleh Kirab Persembahan Puja di Vihara Sakyawanaram Pacet, Cianjur.  Umat Buddha Jawa Barat dari berbagai daerah di Jawa Barat hadir diantara nya dari Cianjur, Sukabumi, Bogor, Bandung dan Kerawang berkumpul memperingati Hari Asadha ini. Para umat mempersiapkan dan membawa persembahan masing-masing berupa buah, lilin, dupa dan bunga yang akan di persembahkan di Altar Guru Agung Buddha.


Kirab persembahan puja ini berupa gunungan hasil bumi, gunungan buah-buahan dan ratusan persembahan bunga. Persembahan Puja yang di berikan merupakan wujud rasa hormat dan ungkapan terima kasih umat Buddha kepada Guru Agung Buddha. Kemeriahan acara diawali dengan tari-tarian daerah Jawa Barat oleh Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Sakyawanaram dan Sanggar Binangkit Cipanas-Cianjur. Tarian ini dimaksudkan untuk  penyambutan tamu-tamu kehormatan yang hadir dalam acara Hari Asadha ini.












Puja Bhakti Asadha ini dihadiri oleh YM. Bhikkhu Arya Kusalo Mahathera, YM. Lama Namgyal Mahasthavira, YM. Bhikkhu Pannajoto, YM. Sri Jnana, YM. Bhiksuni Nyana Tulla. Puja Bhakti dipimpin oleh Bapak U.P. Sakya Viriya Upajaya Suryanto dan Ibu U.P. Kamaniya Vasika Gotami Ani. Puja Bhakti diawali oleh penyalaan lilin lima warna oleh YM. Lama Namgyal Mahastavira.






YM. Bhante Arya Kusalo selaku Dewan Upajaya dan Acariya Sangha Agung Indonesia menyambut baik dan  mengapresiasi  umat Buddha Jawa Barat yang telah melakukan Kirab Persembahan Puja yang sangat besar di hari Asadha ini. Kebajikan yang dilakukan di hari Asadha ini menjadi sangat istimewa dengan mengadirkan kebudayaan Jawa Barat. Peringatan Hari Asadha merupakan hari raya Umat Buddha yang penting dalam sejarah perkembangan Agama Buddha. Oleh sebab itu kita umat Buddha melakukan Persembahan Puja secara istimewa sebagai penghormatan dan ungkapan terimakasih kepada Guru Agung Buddha. Persembahan gunungan buah-buahan dan hasil bumi juga merupakan ungkapan rasa syukur kita  telah memperoleh berkah kesejahteraan. 





YM. Bhante Pannajoto dalam Dhammadesana nya menyampaikan Hari Asadha memperingati beberapa peristiwa bersejarah dalam perkembangan agama Buddha diantaranya adalah memperingati khotbah pertama kalinya  Guru Agung Buddha kepada lima orang Pertapa, yang kemudian kelima Pertapa tersebut  Kondana, Vappa, Bhaddiya, Mahanama dan Asaji menjadi siswanya. Maka terbentuklah Sangha. Dengan begitu lengkaplah Triratna (Buddha, Dhamma dan Sangha).  Bhante mengajak seluruh Umat Buddha memperkuat Saddha kepada Triratna, mulai dari keluarga dan orang-orang terdekat dari kita masing-masing. Jangan mudah tergoyahkan, perkuat komunitas-komunitas Dharma.








Para tokoh umat Buddha Jawa Barat yang hadir antara lain Bapak U.P. Suherman, Ibu U.P. Vidyawati Tanuwijaja, Bapak Purn. Letkol Sugeng. Romo Suherman dalam sambutan nya menyampaikan pentingnya Umat Buddha memperingati Hari Asadha, karena Hari Asadha kita semua mengingat kembali peristiwa terbentuknya dan Sangha dan lengkapnya Triratna.

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS