Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Merayakan Hari Ulang Tahun Vihara Paramita Bhakti Ke-20 dan Hari Kebesaran Prabusenopati Ke-2574 Lunar telah dilaksanakan berbagai kegiatan.

Cari

Tampilkan Berita

Berita Terkait

Selasa, 20 Juni 2023

Pindapata & Waisak Bersama 2567 TB

Rabu, 16 November 2022

Yobbana Dhamma Samaya
Vihara Paramita Bhakti

Merayakan Hari Ulang Tahun Vihara Paramita Bhakti Ke-20 dan Hari Kebesaran Prabusenopati Ke-2574 Lunar telah dilaksanakan berbagai kegiatan.

KBI

Selasa, 01 Agustus 2023

MBI

Dalam menyambut Hari Ulang Tahun tersebut, Vihara Paramita Bhakti mengadakan Kegiatan Pemeriksaan Kacamata untuk Anak dan dewasa kurang lebih diikuti 200 anak dan 100 orang dewasa yang dilaksanakan pada hari Minggu, 23 Juli 2023 bersamaan dengan memperingati Hari Anak Nasional yang telah disponsori oleh PT. Essilor Indonesia.

Kegiatan lainnya adalah melakukan puja bakti bersama dalam membacakan Sutra dan Dharani Suci dan Puja Shan Kung dalam tradisi Mahayana yang dipimpin oleh Anggota Sangha Agung Indonesia Prov. Lampung ( Bhiksu Bhadrakara, Bhiksu Bhadraloka, Bhiksu Bhadradeva beserta Samanera) yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 Pukul 10.00 WIB - Selesai.
Dan disore hari dilanjutkan dengan melaksanakan Puja Bakti membacakan mantra suci atau dalam tradisi Vajrayana/Tantrayana dipimpin oleh Romo Pandita.

Puncak Acara dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Vihara Paramita Bhakti adalah dilakukan dengan acara Ceremony yaitu penampilan seni karawitan oleh anak-anak SMB Lampung Selatan dan modern dance.

Acara tersebut berlangsung meriah yang telah dihadiri dari umat Buddha Vihara-vihara yang ada di Lampung Selatan maupun Bandar Lampung juga telah hadir  Pengurus Majelis Buddhayan Indonesia Provinsi Lampung maupun Kabupaten Lainnya.

Turut hadir Badan Otonom MBI yaitu WBI, Wulan Bahagia baik Provinsi maupun Kabupaten. Tamu kehormatan yang hadir pada acara tersebut  adalah Bupati Lampung Selatan yang diwakilkan oleh Bapak Dr. Firmansyah, M.Pd (Kabag Kesra Lampung Selatan) beserta Bapak Camat Jati Agung, Sangha Agung Indonesia Provinsi Lampung Y.M Suhu Nyana Maitri Mahasthavira dan Bhiksu Bhadraloka serta Samanera. Pembimas Buddha Provinsi Lampung yang diwakilkan oleh Ibu Ika Raisty Dhammayanti, S.Pd.B.

Sambutan pertama dalam acara tersebut disampaikan oleh Pembina Yayasan Vidya Paramita Bhakti yaitu Romo Ashin (Bapak Suryana Argiyanto) mengatakan bahwa Vihara Paramita Bhakti berdiri sudah berusia 20 tahun dan segala aktivitas kegiatan yang dilakukan adalah untuk perkembangan Buddha Dharma. Dalam menyambut HUT Vihara Paramita Bhakti telah melakukan beberapa kegiatan yaitu Bakti Sosial Pemeriksaan Kacamata untuk Anak dan orang dewasa, Puja Bakti, dan Acara Puncak adalah kegiatan Ceremoni yang saat ini dilakukan. HUT ini memiliki tema yaitu "Jalan Yang Sulit Akan Menghantarkan Kejalan Yang Indah". Makna dari tema ini adalah semua orang memiliki kesulitan dalam usahanya untuk mencapai tujuan, tetapi apabila dilakukan dengan giat, gigih dan ulet akan tercapai tujuan yang diinginkan.

MBI Prov. Lampung yang telah diwakilkan oleh Bapak Hidjau Berlian jug menyampaikan Kata Sambutan mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun Vihara Paramita Bhakti yang ke 20 dan Hari Kebesaran Prabu Senopati Ke 2574 Lunar, Semoga selalu berjaya dalam mengembangkan Buddha Dharma.

Y.M. Nyana Maitri Mahasthavira dalam sambutannya mengucapkan Selamat HUT Vihara Paramita Bhakti Ke 20 & Hari Kebesaran Prabusenopati ke 2574 Lunar tidak terasa sudah 20 tahun Vihara Paramita Bhakti telah menjadi tempat untuk mengembangkan Buddha Dharma seperti Sekolah Minggu Buddha memberikan pendidikan anak tentang Buddha Dharma maupun mengembangkan Budaya daerah seperti melestarikan seni gamelan, kegiatan lainnya untuk Latihan Pabbaja, Retreat, bakti sosial, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Pembimas Provinsi Lampung Juga turut menyampaikan kata Sambutannya yang diwakilkan oleh Ibu Ika Raisty Dhammayanti, S.Pd.B, Vihara Paramita Bakti merupakan vihara yang dapat memberikan sarana yang memadai untuk kegiatan keagamaan Buddha dalam memberikan dorongan yang positif untuk kemajuan umat Buddha khususnya di Lampung Selatan.

Kata sambutan terakhir disampaikan oleh Bupati Lampung Selatan yang diwakilkan oleh Bapak Dr. Firmansyah, M.Pd selaku Kabag Kesra Lampung Selatan, dalam hal ini menyampaikan bahwa Vihara Paramita Bhakti adalah satu-satunya Vihara terbesar yang ada di Lampung Selatan, selain menjadi pusat kegiatan untuk pelaksanaan puja bakti, bakti sosial, diskusi Dharma, tetapi sangat potensial menjadi tempat Wisata Religius dengan melihat tatanan maupun bentuk tempat ibadah yang memberikan nuansa religius.

Disela-sela kata sambutan tersebut telah menampilkan kesenian gamelan oleh Anak-Anak Sekolah Minggu Buddha Lampung Selatan dengan gending atau lagu yang telah diciptakan sendiri dengan nuansa Buddhis dan juga penampilan modern dance lainnya.

Pemotongan & Pembagian Kue HUT dilakukan oleh Pembina Yayasan Vidya Paramita Bhakti ( Romo Ashin ), didampingi oleh Bapak Bupati Lampung Selatan, Suhu Nyana Maitri Mahasthavira, Pembimas Buddha, Bapak Camat Jati Agung, MBI Prov. Lampung, PC MBI Lampung Selatan PC. MBI Tanggamus, WBI Prov. Lampung & Kabupaten Lampung Selatan, Wulan Bahagia Lampung Selatan, Bandar Lampung & Pringsewu, Ketua Vihara Paramita Bhakti, Vihara Amurwa Bhumi Graha, Vihara Thai Hin Bio, Vihara Dharma Citra, Vihara Naga Sena, Cetiya Viriya Bhakti, Vihara-Vihara Lampung Selatan serta Tamu Undangan dan Simpatisan.

Disela waktu selesainya acara Ceremony, Pembagian Doorprize menjadi bagian momen yang semakin memeriahkan dengan beberapa hadiah seperti mesin cuci, sepeda, kompor gas, Ricecooker, dan banyak hadiah lainnya.








Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS