Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Pelatihan Pandita Buddhayana MBI Kepulauan Riau 2023 dan Perayaan HUT ke 68 MBI di Kepulauan Riau

Cari

Tampilkan Berita

Vihara Buddhayana, Batam

Pelatihan Pandita Buddhayana MBI Kepulauan Riau 2023 dan Perayaan HUT ke 68 MBI di Kepulauan Riau

MBI

Rabu, 05 Juli 2023

MBI

Pada tanggal 29 Juni – 1 Juli 2023, Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Pelatihan Pandita Buddhayana yang diikuti oleh 130 orang Upasaka/Upasika Pandita dan Calon Upasaka/Upasika Pandita di Vihara Buddhayana Batam. Pelatihan Pandita yang mengangkat tema: “Menjadi Pandita Buddhayana yang Militan, Pembelajar dan Berdedikasi untuk mewujudkan Transformasi Pelayana di KBI”, terdiri dari beberapa sesi, antara lain Sesi dari Bhikkhu Sangha dan MBI Kepri , Wawasan Buddhayana, Wawasan Kepanditaan, The Art of Leadership for Pandita, Kecakapan Dharmaduta, Tata Cara Upacara Pernikahan, Tata Cara Upacara Kematian, Pandita Samaya dan Sosialisasi Buku Pedoman Pandita Buddhayana, dengan fasilitator antara lain: YM. Thirasobhano (Sekwil Kepri SAGIN), YM. Kusalananda Thera (Wasekwil Kepri SAGIN), UP. Hendra Lim (mewakili PP MBI Pusat), UP. Hayang, UP. Ngateman, UP. Sudiman (Romo Sangkim).


Di tanggal 1 Juli 2023, dilakukan pendiksaan Upasaka/Upasika Pandita sebanyak 7 orang dan Upasaka/Upasika Anu Pandita sebanyak 60 orang oleh YM. Thirasobhano, didampingi oleh YM. Nyanavira Thera dan YM. Kusalananda Thera, disaksikan oleh Para Upasaka dan Upasika Pandita yang turut hadir. Dituntun oleh Bhante, para Pandita mengucapkan Sapta Prasetya Pandita Buddhayana dan Pandita sila secara tertuntun.






















Setelah Pendiksaan pandita, di momen Penutupan Pelatihan Pandita ini dilaksanakan juga Perayaan Hari Ulang Tahun ke 68 Majelis Buddhayana Indonesia (MBI). Perayaan HUT ini berlangsung khidmat dan penuh suasana keharuan. Dalam susunan kegiatan, peserta mendengarkan laporan Ketua Panitia (UP. Suratman), Ketua PD MBI Kepri (UP. Candy Mudyta) dan Sekwil Kepri SAGIN (YM. Thirasobhano).Sebelum merayakan HUT, dibawakanlah renungan bersama tentang MBI dengan Pelayanan, para Pandita diajak untuk mendoakan umat Buddha yang berada di pembinaan masing-masing dan bertekad untuk selalu memberikan semangat dalam jalan pelayanan. Setelah itu, sebelum memotong kue dan tumpeng, dinyalakanlah Penerangan / pelita yang diwakili oleh Pengurus MBI dari tingkat Pusat hingga ke Pengurus Cabang sebagai wujud doa dan harapan agar MBI semakin baik dan dapat berkontribusi dengan baik. Dalam kesempatan ini, YM. Bhikshu Nekkhamma Mahasthavira memberikan Keynote Speech kepada semua pandita yang hadir. Di akhir sesi, diadakan serah terima Tanda Kasih dari MBI kepada Pandita Buddhayana yang selama ini telah berjasa mengabdi untuk umat Buddha di daerah masing-masing.

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS