Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Praktik Meditasi: Chinese Tea Meditation di Buddha Prabha

Cari

Tampilkan Berita

Vihara Buddha Prabha - DI Yogyakarta

Praktik Meditasi: Chinese Tea Meditation di Buddha Prabha

KBI

Selasa, 14 Maret 2023

MBI

Akses hidup berkesadaran bisa dilakukan melalui aktivitas harian & dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing. Itulah tujuan dari praktik “Chinese Tea Meditation” yang dilakukan bersama umat Buddha Prabha pada hari Minggu 12 Maret 2023. Ini bagian dari cari cara agar semua orang bisa terhubung dengan meditasi dan memetik buahnya. Latihan ini menggunakan teh yang bagus dan aromanya enak. Juga dengan snack kecil untuk makan berkesadaran.


Praktiknya  menggunakan lima panca indera untuk menikmati menyerutup secangkir teh. Seperti indera mata mengamati cangkir, warna air teh. Telinga mendengarkan bunyi selagi teh dituangkan. Kulit tangan merasakan tektur cangkir & hangat air teh. Hidung mencium keharuman teh. Lidah mencecap setiap rasa yg muncul, dan jika memungkinkan hingga mendeteksi rasa hangatnya di lambung. 



Ketika indera kita terhubung dengan aktivitas minum teh ataupun juga aktivitas lain di keseharian,  pikiran stay in the present moment. Ketika pikiran tinggal di momen kekinian, otomatis tidak mikir-mikir, tidak kepikiran macam-macam, bergejolak, dan tidak berangan-angan. Melatih pikiran dan batin berada pada satu momen ini memberi rasa tenang dan nyaman. Bisa menikmati oh, tehnya enak komentar satu peserta dengan gembira. Dalam sharing pengalaman sebagian peserta memiliki kebiasaan minum sambil ngecek gadget, sekedar lewat nyamber gelas minum karena sibuk atau buru-buru segera berangkat kerja. Tidak dirasakan! 

Semoga agenda ini memberikan wawasan baru yang segar untuk keseharian. Meditasi bisa diaplikasikan dalam kegiatan keseharian, dan tentu jadi sumbangan untuk membangun hidup berkesadaran. 

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS