Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • MBI Kota Medan Gelar Seminar Semangat Buddhayana dalam Kehidupan Intra Umat Beragama

Cari

Tampilkan Berita

Vihara Loka Shanti

MBI Kota Medan Gelar Seminar Semangat Buddhayana dalam Kehidupan Intra Umat Beragama

MBI

Senin, 01 April 2024

MBI, Sagin, Wulan Bahagia, WBI, SIDDHI, Pemuda Buddhayana

Pengurus Cabang Majelis Buddhayana Indonesia Kota Medan yang baru saja dilantik pada Februari yang lalu, bergegas meyelenggarakan Seminar bertema “Semangat Buddhayana dalam Kehidupan Intra Umat Beragama” yang dilaksanakan di Vihara Loka Shanti, Medan (23/03/2024).


Seminar ini dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Sumber Daya Manusia MBI Kota Medan, dengan mengundang Pengurus Rumah Ibadah Agama Buddha (RIAB) yang beradah di bawah naungan MBI Kota Medan dengan tujuan agar pengurus RIAB dan Pengurus Cabang MBI Kota Medan lebih mengenal Organisasi MBI dan Wawasan Buddhayana sebagai bagian integral dari Agama Buddha Indonesia.


Seminar yang dimulai pukul 14.00 tersebut dihadiri oleh 3 (tiga) orang narasumber yaitu Y.M. Aggacitto Thera, Wakil Sekwil 1 Sangha Agung Indonesia dengan subtema "Peranan SAGIN dalam Pelayanan Umat Buddha yang Plural"; U.P. Eddy Sujono Setiawan, S.E., M.M., selaku Ketua MBI Prov. Sumatera dengan subtema "Wawasan Buddhayana" dan Riady, S.T. selaku Wakil Ketua P.D. MBI Prov. Sumatera dengan subtema "Mengenal MBI dan Organnya di KBI".

Bhante Aggacitto berpesan agar pengurus RIAB dan MBI Kota Medan agar senantiasa memberikan pelayanan kepada umat dengan hati namun berhati-hati, sebagai salah satu anggota Sangha Agung Indonesia, Bhante Aggacitto berupaya "mencetak" calon Bhikkhu yang berkompeten dengan pemantauan prilaku dan Pendidikan terhadap calon Anggota Sangha.

noname

Sementara Romo Eddy Sujono yang juga adalah Pandita Buddhayana Kota Medan memberikan motivasi agar para peserta berminat memperlajari tentang Wawasan Buddhayana dengan lebih komprehensif agar dapat menciptakan kerukunan antara sesama tradisi yang berbeda. Di mulai dengan menjelaskan tentang landasan Buddhayana ( One Dharma ). Sebagai pembicara terakhir, Riady menjelaskan perkembangan MBI dari masa ke masa, Serta organ dalam KBI.

Penyelenggara Buddha Kota Medan, Dwiyanti, S.Ag., M.Pd., dengan jadwal padat dalam kegiatan Kemenag Kota Medan menghadiri seminar dan sekaligus dalam sambutan penutupan memberikan apresiasi kepada pengurus cabang MBI Kota Medan atas Inisiatif penyelenggaraan seminar tersebut, dan berpesan agar para pengurus rumah ibadah maupun pengurus MBI harus senantiasa saling asah, asih, dan asuh sesuai dengan motto pelayanan MBI Kota Medan masa bakti 2023-2036.

Ir. Sutopo, selaku Dewan Penasihat memberikan apresiasi atas seminar ini, karena pengurus MBI atau pengurus rumah ibadah yang bernaung di bawah MBI seharusnya mengenal apa yang dikenal sebagai wawasan buddhayana, tak kenal maka tak sayang.

Seminar yang dipandu pewara Caroline Varelie diawali dengan Lagu Indonesia Raya dan Semangat Buddhayana turut di hadiri oleh perwakilan dari Banom; Wulan Bahagia Prov. Sumatera Utara, Wanita Buddhis Indonesia Prov. Sumatera Utara, Pemuda Buddhayana ( Sekber PMVBI ) Prov. Sumatera Utara dan Siddhi Kota Medan, serta Benyamin Winata selaku Dewan Konsultatif, Densi Ginting selaku Dewan Pengawas, dan Darsono selaku pengurus MBI Sumatera Utara.

noname

noname

noname

noname

noname

noname

noname

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS