Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita

Cari

Tampilkan Berita

Convention Hall - Beverly Hotel, Batam

Wisdom From The Metta

MBI

Sabtu, 16 Desember 2023

Sagin, MBI

Dalam rangka kunjungan YM. Choukhun Rajphisansuddhi Avuddhapanno Mahathera atau yang akrab disapa Luangpo Art (Gubernur Sangha Dhammayuttika Provinsi Buriram, Thailand), atas undangan dari Yayasan Moggalana Indonesia dan Hotel Beverly, dengan dibantu oleh panitia pelaksana dari jajaran Keluarga Buddhayana Indonesia Prov Kepulauan Riau.


Sekitar 380 orang menghadiri kegiatan Dhamma Talk ini yang dilaksanakan Convention Hall - Beverly Hotel, Batam. Dhammatalk ini dihadiri oleh 24 anggota Sangha, di antaranya 15 bhikkhu dari Sangha Dhammayut Thailand, dan 9 orang Bhikkhu dari Sangha Agung Indonesia. Dari SAGIN tampak hadir: Mahanayaka Sangha Agung Indonesia, YM. Nyanasuryanadi Mahathera; Sekwil SAGIN Kepri, YM. Thirasobhano; YM. Nekkhamma Mahasthavira; YM. Phra Khru Baidhika Aggacitto Thera, dan anggota Sangha lainnya.

Acara ini diawali dengan tampilan kesenian dari 3 orang Buddhayana Idol Kepulauan Riau dari masa ke masa. Tari Persembahan Makan Sirih dari Sekolah Bodhi Dharma yang merupakan tarian adat melayu juga turut ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu agung, Luangpo Art beserta anggota Sangha. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Majelis Buddhayana Indonesia Prov. Kepulauan Riau, Bpk. Candy Mudyta dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Kepulauan Riau, Bpk. Kodo Eko Prayogo. Setelah itu, para umat dituntun oleh UP. Ngateman melakukan permohonan tuntunan sila (Aradhana Tisarana dan Pancasila) dan permohonan paritta (Aradhana Paritta)  kepada Anggota Sangha.

Dhammatalk diawali dengan Keynote Speech oleh Luangpo Art, yang mengajak untuk melakukan hening perenungan metta terlebih dahulu dan menekankan pentingnya membalas budi orang tua, dengan teladan yang dicontohkan oleh Guru Agung Buddha. Memperkaya uraian dari Luangpo, YM. Nyanasuryanadi Mahathera (Mahanayaka Sangha Agung Indonesia) menguraikan dalam Dhammatalk dengan tema: “Wisdom From The Metta”. Dalam Dhammatalk ini, Bhante menjelaskan aspek - aspek untuk mengembangkan kebijaksanaan dari Metta. 

Acara Dhammatalk ditutup dengan pelimpahan jasa dan blessing oleh anggota Sangha, penyerahan cendera mata, dan pembagian doorprize.

Sebelum Dhammatalk malam ini, pada pagi harinya telah diselenggarakan Lomba Mewarnai dan Menggambar tingkat SD yang diikuti oleh sekitar 150 anak. Sementara sambil menunggu, para orang tua dan wali murid ikut dalam kelas Parenting yang disampaikan oleh YM Bhante Nyana Suryanadi Mahathera. Setelah pengumuman pemenang lomba, dilanjutkan dengan pembagian tali kasih dengan guru agama Buddha yang telah banyak berjasa dalam pengembangan Buddha Dharma di Kota Batam oleh Yayasan Moggalana Indonesia.

Share:

Komentar (2)

Toni

Rabu, 20 Desember 2023 16:23

Semoga memberikan pencerahan buat semua orang.

Widhi Arya punggala

Selasa, 19 Desember 2023 19:48

semoga acaranya lancar dan juga bermanfaat bagi mereka yang mendengarkan

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS