Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • Cari Cara Mengajak Semua Latihan Meditasi di Buddha Prabha

Cari

Tampilkan Berita

Buddha Prabha - Yogyakarta

Cari Cara Mengajak Semua Latihan Meditasi di Buddha Prabha

KBI

Rabu, 08 Maret 2023

MBI, Pemuda Buddhayana

Satu upaya untuk mengajak semua orang biar terhubung dengan praktik meditasi adalah membuka latihan di hari Minggu, di saat libur, longgar, waktunya panjang, tidak buru-buru, berlatih meditasi jelas bermanfaat. Di Minggu siang, banyak mahasiswa, muda-mudi yang mengikuti Puja Bhakti di Buddha Prabha lanjut sampai siangnya masuk kelas meditasi. Peminat atau penyuka meditasi di Buddha Prabha ini bersifat umum, terbuka, semua orang bisa gabung tidak membedakan suku, agama, ras, pekerjaan, profesi, dan lain sebagainya. Semua orang boleh masuk Buddha Prabha. Demi kenyamanan semua bahkan kami nyaris tidak menyebutkan terminologi Buddhis.   



Desain latihan pun sangat bersahabat dan sangat berguna untuk mendukung di keseharian. Latihan awal adalah olah nafas DIS (deep inhaling & sighing), repetitif latihan nafas ini membantu pikiran menggembara, tidak beraturan, acak, menjadi relatif kalem. Pikiran random bertahap menyusut ketika kita mulai terhubung dengan nafas. Disambung dengan PMR (progresif muscular relaxation) adalah melatih otot-otot besar seluruh tubuh, peserta diajak merasakan otot yang tegang dan yang relaks, longgar. Tidak jarang seseorang teryata tidak tahu rasa tegang dan longgar.  


Rangkaian latihan PMR mengajak kembali ke tubuh, merasakan saat tegang dan juga saat lentur, longgar, relaks. Manfaatnya nanti di kesibukan kegiatan harian kita mampu kenal menyadari kecenderungan atau kebiasaan tegang kita dan kemudian bisa merelakskannya. Menu meditasi bisa sitting atau berbaring dengan _bodyscan_  dipandu, terstruktur, dan rata-rata peserta akan memberikan komentar sangat-sangat-sangat terbantu dimudahkan latihan dengan panduan tersebut.


 

Minggu 4 Maret 2023 Pak Agus Santoso turun gunung memfasitasi latihan meditasi di Buddha Prabha. Peserta antusias dikoordinir dalam WAG Chan Jogja dan WAG umat BP. Di sinilah kekuatan Dharma berperan untuk berbagi menyebarluaskan praktik meditasi untuk semua kalangan. 

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS