Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • PERESMIAN KREMATORIUM UMAT BUDDHA DAN RUMAH ABU YAYASAN VIHARA DHARMA SANTI KUNDUR, KARIMUN

Cari

Tampilkan Berita

Berita Terkait

Vihara Dharma Shanti Kundur - Karimun

PERESMIAN KREMATORIUM UMAT BUDDHA DAN RUMAH ABU YAYASAN VIHARA DHARMA SANTI KUNDUR, KARIMUN

MBI

Selasa, 28 Februari 2023

MBI

Setelah berproses selama hampir 3 tahun sejak 2020 yang lalu, akhirnya Krematorium Umat Buddha dan Rumah Abu Leluhur Yayasan Vihara Dharma Shanti Kundur diresmikan. Krematorium ini terletak di Pemakaman Umat Buddha di Tanjung Batu Kundur di bawah kelola Yayasan Vihara Dharma Santi Kundur, yang merupakan Yayasan di bawah naungan Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI).


Acara peresmian ini yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 Februari 2023 dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si., perwakilan dari KBI, yaitu Sekretaris Wilayah Prov. Kepulauan Riau - Sangha Agung Indonesia, YM. Thirasobhano, Ketua Pengurus Daerah Majelis Buddhayana Indonesia Prov. Kepulauan Riau, UP. Candy Mudyta dan Pengurus Cabang serta perwakilan Pengurus Vihara lainnya. Selain itu, hadir juga Ketua Permabudhi Provinsi Kepulauan Riau, Hengky Suryawan, Camat beserta perangkat desa dan umat Buddha dari seluruh pelosok di Kundur turut menyaksikan acara bersejarah ini.


Acara diawali dengan Doa bersama yang dipimpin oleh YM. Thirasobhano dan mengawali sambutan oleh Ketua Yayasan Vihara Dharma Shanti Kundur (YVDSK), Liswilimin (Aming). Liswilimin mengungkapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian dari Bupati kepada Umat Buddha di Tanjung Batu ini dengan memberikan bantuan mobil Jenazah dan juga hadir untuk peresmian Krematorium Umat Buddha ini. Dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua PD MBI Kepri, UP. Candy Mudyta. Dalam sambutannya, MBI mengapresiasi kerja keras YVSDK yang telah menghadirkan Rumah Abu dan Krematorium milik Umat Buddha yang pertama di Kepulauan Riau.

Tentu ini adalah sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri, sebagai salah satu solusi dalam pilihan Umat Buddha untuk penyempurnaan jenazah yang terakhir. Selain itu, Krematorium dan Rumah Abu ini dibangun dengan tambahan instrumen bernuansa Nusantara berupa stupa menyerupai stupa Borobudur sejumlah 49 buah yang melambangkan masa penting umat Buddha dalam Penyaluran Jasa Kebajikan kepada sanak keluarga yang telah meninggal.


Sambutan berikut oleh Ketua Permabudhi Provinsi Kepulauan Riau, Hengky Suryawan. Dan diakhiri dengan Sambutan oleh Bupati Kabupaten Karimun, Bpk. H. Dr. Aunur Rafiq, S.Sos, M.Si. Dalam sambutannya, Aunur Rafiq menyampaikan perasaan syukur atas terwujudnya Krematorium Umat Buddha ini dari swadaya umat Buddha sendiri. Tentu krematorium ini dibangun untuk melaksanakan proses akhirat sesuai dengan Ajaran Buddha. Dari Pemerintah Kabupaten Karimun memberikan bantuan berupa Satu Buah Unit Mobil Jenazah kepada Yayasan Vihara Dharma Shanti Kundur. Bupati Karimun menunjukkan rasa kagum atas pengelolaan tempat Pemakaman Umat Buddha yang begitu tertata dan rapi sehingga tidak ada kesan menakutkan, dan juga dikelompokkan dengan baik sehingga memudahkan umat untuk ziarah.


Mengakhiri acara, Penyerahan Kunci  Mobil Jenazah, Penandatanganan dan Pemotongan Pita oleh Bupati Karimun menandakan telah diresmikannya Rumah Abu dan Krematorium Umat Buddha Yayasan Vihara Dharma Shanti Kundur. Bupati Karimun didampingi oleh para tokoh meninjau langsung lokasi kremasi dan system kerja dari fasilitas di dalam krematorium ini.



Share:

Komentar (1)

TONI

Rabu, 01 Maret 2023 03:03

Selamat dan sukses, semoga membawa manfaat bagi orang banyak.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS