Seluruh Indonesia
Ubah Lokasi
  • Berita
  • Home
  • /
  • Berita
  • /
  • [SYUKURAN 64 TAHUN SANGHA AGUNG INDONESIA & MENGENANG 100 TAHUN ASHIN JINARAKKHITA]

Cari

Tampilkan Berita

Vihara Buddhayana - Batam

[SYUKURAN 64 TAHUN SANGHA AGUNG INDONESIA & MENGENANG 100 TAHUN ASHIN JINARAKKHITA]

KBI

Senin, 20 Februari 2023

Pemuda Buddhayana, SIDDHI, WBI, Wulan Bahagia, Sekber Yabuddhi, MBI, Sagin

Keluarga Buddhayana Indonesia (KBI) Kepulauan Riau menggelar Puja Bhakti Syukuran 64 tahun Sangha Agung Indonesia dan Mengenang 100 tahun Mendiang YMNS Ashin Jinarakkhita di Vihara Buddhayana Batam pada hari Minggu, 19 Februari 2023. Syukuran ini dihadiri oleh anggota Sangha, yaitu Sekwil Prov. Kepulauan Riau Sangha Agung Indonesia, YM. Thirasobhano didampingi oleh YM. Nekkhamma Mahasthavira, YM. Bhadravirya, Sthavira, YM. Vuddhiko Thera, dan YM. Kusalananda Thera.



Puja Bhakti  dimulai dengan Puja Bhakti bersama, yang dipimpin oleh UP. Heryanto Hidayat, dilanjutkan dengan Materi Pembuka oleh Ketua PD MBI Kepri, UP. Candy Mudyta tentang Dinamika Perkembangan Buddha Dharma di Nusantara hingga terbentuknya Sangha Agung Indonesia.


Setelah itu, oleh Petugas dibacakan Profil Sangha Agung Indonesia dan YM. Mahabiksu Ashin Jinarakkhita dalam sebuah renungan. Sebait demi sebait peristiwa dan kalimat dibacakan seirama mengingatkan para umat tentang Kisah Perjuangan Mahabiksu Ashin Jinarakkhita (Sukong) dalam menaburkan awal Benih Buddha Dharma di Nusantara.


Dalam Sambutan dan Nasihat Dhamma oleh YM. Bhiksu Nekkhamma Mahasthavira, Bhante mengingatkan agar para umat untuk tidak lupa akan sejarah, dan mengingat akan jasa besar dari YMNS. Ashin Jinarakkhita dalam membawa agama Buddha di Indonesia ini, hingga diakui oleh Pemerintah Indonesia dalam situasi dinamika politik pada waktu itu. Bhante juga berpesan agar senantiasa untuk bersinergi bersama dan memberikan kontribusi untuk perkembangan Agama Buddha.

Share:

Komentar (0)

Belum ada Komentar.

Ubah Filter Konten
Informasi

Silakan Masuk dengan menggunakan aplikasi Android/IOS