Articles

SAAT INI, SAAT YANG INDAH

SAAT INI, SAAT YANG INDAH

Dalam masyarakat kita yang sibuk, dapat bernafas dengan kesadaran penuh dari saat ke saat adalah sebuah keberuntungan yang besar. Kita dapat melatih pernafasan dengan kesadaran penuh tidak hanya di saat kita duduk di dalam ruang meditasi, tapi juga di saat kita sedang bekerja di kantor atau di rumah, saat mengendarai kendaraan, atau saat duduk di dalam bis, di mana saja kita berada, di setiap saat.

Terdapat banyak jenis latihan yang dapat membantu kita untuk menyadari proses pernafasan ini. Di samping latihan sederhana "menarik-menghembuskan", kita dapat melantunkan empat baris kalimat di bawah ini dalam hati saat kita bernafas:

Menarik nafas, aku menentramkan tubuhku.

Menghembuskan nafas, aku tersenyum.

Berada di dalam momentum saat ini,

Aku mengetahui bahwa saat ini adalah saat yang indah!

 

"Menarik nafas, aku menentramkan tubuhku." Mengucapkan kalimat ini dengan meminum segelas sari jeruk dingin di saat udara terik - anda dapat merasakan kesejukan yang mengaliri tubuh anda. Saat saya menarik nafas dan mengucapkan kalimat ini, saya benar-benar merasakan aliran nafas saya memberikan ketenangan kepada tubuh dan pikiran.

"Menghembuskan nafas, aku tersenyum." Anda mengetahui bahwa sebuah senyuman dapat mengendurkan ketegangan ratusan otot yang terdapat di daerah wajah anda. Senyuman di wajah adalah pertanda bahwa anda adalah tuan bagi diri anda sendiri.

"Berada dalam saat sekarang." Ketika saya sedang duduk di sini, saya tidak memikirkan hal lain. Saat duduk di tempat ini, saya mengetahui dengan jelas di mana saya berada.

"Aku mengetahui bahwa saat ini adalah saat yang indah." Adalah sebuah kebahagiaan untuk berada dalam posisi duduk, stabil dan dalam kondisi tenang, dan kembali pada pernafasan, senyuman, dan sifat alamiah kita. Perjanjian kita dengan kehidupan terletak di momen saat sekarang ini. Jika kita tidak memiliki kedamaian dan kebahagiaan saat ini juga, kapankah kita akan memiliki kedamaian dan kebahagiaan - esok, atau esok lusa? Apa yang merintangi kita untuk dapat menjadi bahagia di saat ini? Saat kita mengikuti pernafasan kita, kita dapat berkata, dengan amat sederhana, "Tenang, senyum, saat ini, momen yang indah."

Latihan ini bukan latihan yang hanya diperuntukkan bagi para pemula. Banyak di antara kita yang telah berlatih meditasi dan pernafasan dengan kesadaran penuh selama 40 atau 50 tahun tetap melakukan latihan ini dengan cara yang sama, karena jenis latihan ini sangat penting dan sangat mudah untuk dilakukan.

 

 

Tags