Wawancara Bintang Duta Buddhis 2016

Jul 10, 2016 12:00:00 AM

Namo Sanghyang Adi Buddhaya Namo Buddhaya. Halo, para pembaca. Sekarang kami sedang berada di Tanjung Balai Asahan - Sumatera Utara, tepatnya di Wihara Tri Ratna untuk mewawancarai Bintang Duta Buddhis 2016, yang terdiri dari : Mr. David Tandri & Ms. Cherria Halim (Putra-Putri Sakya 2016), Fenny Kie (Buddhist Idol 2016), dan Skyrio (Bintang Cilik Buddhis 2016). Mereka sedang berada di Tanjung Balai Asahan untuk mengisi acara Sarasehan & Temu Karya Daerah (STKD) VI Sekber PMVBI (Pemuda Buddhayana) Sumatera Utara. Bintang Duta Buddhis merupakan ajang pemilihan tahunan di Waisak Fair MBI yang telah memasuki tahun ketujuh. Sebelum mereka mengisi acara pembukaan STKD VI Sekber PMVBI Sumut, kami mewawancarai mereka terlebih dahulu.

Berikut Wawancara dengan Bintang Duta Buddhis 2016 Sumatera Utara

BINTANG DUTA BUDDHIS 2015


Redaksi ( R) : Namo Buddhaya, Bintang Duta Buddhis 2016. Bentar lagi, kalian akan mengisi acara pembukaan STKD VI Sekber PMVBI Sumut. Acara apa yang telah kalian siapkan ?

David (D) : Saya dan Ms. Cherria akan menjadi Duta obor semangat STKD.

Cherria (C) : Betul, kami berdua akan membawakan api obor kepada Sekprov Sekber PMVBI Sumut untuk dinyalakan di obor utama.

Fenny (F) : Saya akan menambah semangat peserta dengan lagu " Together We are One "

Sky (S) : Kalo Sky akan menyanyikan lagu " Malu & Takut " yang akan memeriahkan pembukaan dengan tarian Jawa.


R : Wow Keren. Ngomong-ngomong, kapan pertama kalinya kalian mengetahui adanya ajang pemilihan Bintang Duta Buddhis 2016?

D : Saat di acara Dhammatalk dan Syukuran 20 tahun Kebikkhuan Mahasthavira Nyanaprathama, saya diajak Panitia Pelaksana. Saya sempat berpikir beberapa hari, lalu memutuskan untuk mendaftar.

S : Kalo Sky sudah tahu sejak tahun 2015.

C : September tahun lalu. Saya telah memiliki keyakinan untuk mendaftar.

F : Saya mendapat informasi dari salah satu alumni Bintang Duta Buddhis pada tahun yang lalu.


R : Apa yang memotivasi kalian mengikuti ajang lomba Bintang Duta Buddhis 2015 ?

J : Awalnya tidak percaya diri. Dengan dukungan kerabat dekat dan teman saya yang mendaftarkan diri saya di ajang ini, saya termotivasi. Sudah saatnya saya menyebarkan Gita Dharma dengan bakatku ini.

W : Saya ingin belajar Dhamma lebih dalam dan berpartisipasi dalam kegiatan Buddhis.

S : "Saya ingin menjadi lebih baik dalam melayani", kata inilah yang memotivasi saya untuk keluar dari comfort zone saya dengan mengikuti ajang Bintang Duta Buddhis 2015.

A : Motivasi saya berawal dari kegemaran saya bernyanyi, sehingga saya bisa menyalurkan bakat saya ini sambil menyebarkan Dharma melalui lagu-lagu Buddhis.


R : Mulai dari audisi hingga perjalanan sekarang, apa yang dapat kalian pelajari dalam ajang lomba Bintang Duta Buddhis 2016 ?

F : Pertama tentang kedisiplinan, di dalam ajang lomba Bintang Duta Budhhis tidak jarang diadakan pertemuan yang mengharuskan kita untuk datang tepat waktu. Kedua tentang bagaimana kita menjadi orang-orang yang bersemangat di masa muda. Karena di dalam ajang ini, bukan hanya sekedar mengejar siapa yang akan menjadi pemenang, lebih dari itu?? bagaimana proses yang dijalani untuk dapat menampilkan yang terbaik.

S : Menambah pengetahuan Buddhis lewat lagu-lagu Buddhis karena kami sering menghafal lagu-lagu Buddhis yang baru dan harus mengerti maknanya. Terus, saling menyayangi dan menghormati di dalam Keluarga Bintang Duta Buddhis.

D : Pembelajaran tentang Buddha Dharma, kekompakan dalam Bintang Duta Buddhis, dan mencoba untuk meningkatkan potensi diri kita dalam ajang ini.

C : Yang saya pelajari terutama tentang ajaran Buddha, persahabatan, dan cara bersosialisasi dengan masyarakat.


R : Apa langkah selanjutnya kalian sebagai Bintang Duta Buddhis ?

S : Menginspirasi anak-anak Buddhis lewat lagu Buddhis yang Sky nyanyikan. Tentunya , Sky juga harus menjalankan Dhamma dalam lagu Buddhis di kehidupan sehari-hari.

F : Mengembangkan Dhamma lewat Gita Buddhis. Sebagai Duta Dharma melalui nyanyian Gita Buddhis.

D : Menjalankan tugas Duta Buddhis dimana memperkenalkan Dhamma ke kalangan remaja, menjadi Duta Donor Darah, dan menjadi inspirasi remaja Buddhis untuk aktif di kegiatan-kegiatan Buddhis.

C : Mengikuti Bakti Sosial ke panti asuhan, panti jompo, dan kegiatan sosial lainnya


R : Ohya, Kapan awalnya kalian mengenal Agama Buddha ?

D : Saya bersekolah di Sekolah Buddhis Bodhicitta dulu. Sejak itulah saya mengenal Agama Buddha.

F : Sejak kecil saya telah mengenal ajaran Buddha yang berawal dari keluarga.

C : Latar belakang keluarga saya adalah Buddhis. Jadi , sejak kecil juga.

S : Sejak sekolah.


R : Sebagai Duta Buddhis, apakah kalian bangga menjadi Umat Buddha ?

C : Sangat bangga karena ajaran Buddha mengajarkan kedamaian.

D : Pasti, karena Dhamma selalu menuntun kita ke jalan kebenaran.

S : Bangga karena ajaran Buddha yang penuh cinta kasih.

F : Ya, karena menjadi umat Buddha membuat saya dapat mengenal Dhamma.


R : Kalimat apa yang diucapkan Buddha yang penting bagi kalian ?

C : " Three things cannot be long hidden: the sun, the moon, and the truth" . Kalimat ini mengajarkan kita tentang Hukum Karma. Semua kebenaran pasti akan menghasilkan karma baik pada saatnya. Selalu berpikir, berucap, dan berkata yang benar.

D : "Jika seseorang berhasil menaklukkan 1000 musuh dalam 1000 perperangan dan seseorang yang satu lagi berhasil menaklukkan dirinya sendiri, ia adalah penakluk yang sebenarnya". Ucapan Buddha ini memotivasi saya untuk terus dapat mengendalikan dan memahami diri sendiri, bukanlah hal yang mudah. Dengan memahami diri saya sendiri, saya dapat lebih mudah menentukan apa yang seharusnya saya perbuat dalam berbagai kondisi.

S : " Kebencian tidak akan pernah habis dibalas dengan kebencian. Kebencian akan berakhir dibalas dengan cinta kasih ". Sky suka dengan ajaran Metta dari Buddha yang penuh kedamaian dan tanpa permusuhan.

F : "Orang yang tidak mau belajar akan menjadi tua seperti sapi; dagingnya bertambah tetapi kebijaksanaannya tidak berkembang". Kalimat ini sangat penting di masa muda saya. Karena di masa muda, tidak jarang saya temui permasalahan dan kegagalan. Tapi perkataan yang diucapkan oleh Buddha memotivasi saya untuk belajar Dhamma, sehingga memunculkan kebijaksanaan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi.


R : Dalam kehidupan sehari-hari, apa sih kegiatan kalian?

C : Sehari-hari sebagai pelajar SMA. Selain itu, saya juga beraktivitas sebagai pragawati.

D : Kalo saya lagi sibuk menyusun skripsi menuju meja hijau. Terus Profesi saya adalah seorang asisten guru.

S : Masih sekolah kelas 5 SD. Di samping itu, Sky juga beraktivitas latihan bernyanyi, menari, dan fashion design.

F : Saya sedang menuntut ilmu di USU dan STBA-PIA dengan jurusan yang berbeda. Di hari minggu, saya melatih vokal salah satu PMV di Medan. Saya juga beraktivitas sebagai penyanyi di wedding event baik secara solo maupun band.



R : Sebentar lagi kalian akan tampil di pembukaan STKD VI Sekber PMVBI Sumatera Utara. Sebagai penutup, apa pesan kalian selaku Duta Buddhis untuk para pembaca?

C : Bercita-cita + belajar + bekerja + doa yang tulus, yakinlah kesuksesan telah menantimu.

D : Berusahalah mengasah dan mengembangkan potensi dalam diri. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam diri kita kalau tidak kita mencoba. Percayalah selalu ada potensi dalam diri setiap orang.

S : Mencintai segala bentuk kehidupan di bumi beserta isinya. Menghormati dan menghargai kehidupan.

F : Jangan pernah membiarkan diri anda sendiri menghalau mimpi anda. Jangan pernah ada kata "tidak bisa", "takut","nanti" di masa muda anda. Gagal hal biasa , selalu ada elemen waktu yang membawa anda untuk terus belajar. Asalkan memiliki kemauan, keberanian,usaha,dan percaya bahwa anda bisa, maka tidak akan ada hal yang sia-sia di masa muda anda.


Putra Sakya 2016
Nama lengkap : David Tandri
Profesi : Asisten Guru dan Mahasiswa
Hobi : Handcraft, dance, swimming
Facebook : David Tandri
Instagram : davidtandri_


Putri Sakya 2016
Nama lengkap : Cherria Halim
Profesi : Pelajar
Hobi : Bermain bola basket, bermain gitar, bersosialisasi, modeling, face art
Facebook : Cherria Lim
Instagram : ceriiiia


Buddhist Idol 2016
Nama lengkap : Fenny Kie
Profesi : Mahasiswi
Hobi : Menyanyi dan Menari
Facebook : Kie Fen Fen II
Instagram : jifenfen1996


Bintang Cilik Buddhis 2016
Nama Lengkap : Skyrio
Profesi : Pelajar
Hobby : Menyanyi, menari, dan desain fashion
Facebook : Iva Santana
Instagram : skyri0

STAY INFORMED

Subscribe to our Newsletter

FOLLOW US